FORMAT PEMBUATAN KTSP TERBARU


Pembuatan KTSP perlu dibuat oleh sekolah baik Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas. KTSP perlu dibuat oleh sekolah setiap tahunnya, hal ini bertujuan untuk menunjang mutu pendidikan di sekolah tersebut.
Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan penilaian.
Adapun format untuk membuat kerangka KTSP yaitu sebagai berikut:

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENETAPAN    
LEMBAR REKOMENDASI
LEMBAR PENGESAHAN
TIM PENYUSUN KURIKULUM 2013
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.    Dasar Hukum
C.    Tujuan Penyusunan Kurikulum
D.    Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013
E.    Pengertian dan Istilah
BAB II TUJUAN VISI DAN MISI PENDIDIKAN
A.    Tujuan Pendidikan Dasar dan Menengah
B.    Profil Sekolah
1. Keadaan Sekolah
2. Personil Sekolah
3. Peserta Didik    
4. Orang Tua Peserta Didik
5. Lulusan
6. Prestasi yang Dicapai
C.     Visi Sekolah
D.     Misi Sekolah
E.     Tujuan Sekolah



BAB III STRUKTUR KURIKULUM DAN MUATAN KURIKULUM
A.    Struktur Kurikulum
B.    Muatan Kurikulum
1.    Muatan Pelajaran
2.    Muatan Lokal
3.    Pengembangan Diri
4.    Bimbingan dan Konseling
5.    Kriteria Ketuntasan Belajar
6.    Kriteria Kenaikan Kelas   
C.    Pengaturan Beban Belajar
BAB IV KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
A.    Kompetensi Inti
B.    Kompetensi Dasar
1.    Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti
2.    Kompetensi Dasar PKn
3.    Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
4.    Kompetensi Dasar Matematika
5.    Kompetensi Dasar IPA
6.    Kompetensi Dasar IPS
7.    Kompetensi Dasar SBDP
8.    Kompetensi Dasar PJOK
9.    Kompetensi Dasar Bahasa Jawa
BAB V PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, PENDEKATAN SAITIFIC,
    PENILAIAN AUTENTIK DAN PENILAIAN HOTS
A.    Pembelajaran Tematik Terpadu
B.    Penilaian Autentik
C.    Penilaian Higher Order Thingking Skills
BAB VI KALENDER PENDIDIKAN
A.    Alokasi Waktu
B.     Penetapan Kalender Pendidikan
BAB VI PENUTUP
Lampiran :
1.    SK TIM Penyusun Kurikulum
2.    Berita Acara penetapan Kurikulum
3.    Undangan Rapat Kurikulum
4.    Daftar Hadir Kurikulum
5.    Notulen Rapat
6.    Lembar Review Kurikulum

Subscribe to receive free email updates: