VISI DAN MISI SDN PANULISAN TIMUR 02

VISI MISI SDN PANULISAN TIMUR 02

VISI DAN MISI SDN PANULISAN TIMUR 02
Visi Sekolah
Kurikulum Satuan Pendidikan disusun oleh sekolah setiap tahun untuk  penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya sebagai berikut:
1.    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.    Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat.
3.    Era informasi.
4.    Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan modal manusia.
5.    Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan.
6.    Era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah kami, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa datang. Namun demikian, visi sekolah harus memperhatikan dan mempertimbangkan:
1.      Potensi yang dimiliki sekolah
2.      Harapan masyarakat yang dilayani sekolah
Dalam merumuskan visi, pihak sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif mewujudkannya.
Visi SD Negeri Panulisan Timur 02 adalah:
“BERIMAN, BERPRESTASI, DAN BERAKHLAK MULIA”
Visi ini dirumuskan untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.
Visi tersebut mencerminkan profil sekolah dan cita-cita sekolah. Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas.

Misi Sekolah
Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas adalah:
“Keimanan, ilmu pengetahuan, teknologi dan akhlak mulia adalah dasar untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut”.
Misi SD Negeri Panulisan Timur 02:
1.      Menumbuhkan dan mengimplementasikan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi siswa kompeten dan berakhlak mulia.
2.      Menumbuhkan gairah belajar dan mengajar baik guru maupun siswa.
3.      Melaksanakan KBM dengan sistem pendekatan PAIKEM dan Pembelajaran Tematik melalui metode saintific sehingga setiap siswa dapat mengembangkan dirinya secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
4.      Mengoptimalkan kerjasama dengan komite sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sehingga keberadaan sekolah menjadi tanggung jawab bersama.
5.      Memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana KBM sesuai dengan kemampuan dana yang ada.
6.      Menanamkan pendidikan karakter bangsa pada seluruh mata pelajaran.
7.      Menegakkan tata krama dan etika serta moral yang baik sehingga siswa berperilaku sopan dan santun.
8.      Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler olahraga, pramuka, kesenian, keagamaan dan les.
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detail dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.

Subscribe to receive free email updates: