AKREDITASI SD - DOWNLOAD LABEL MAP AKREDITASI


AKREDITASI SD
Akreditasi sekolah merupakan suatu kegiatan penilaian sekolah secara sistematis dan komperhensif melalui sebuah evaluasi diri dan evaluasi ekternal atau visitasi untuk menentukan kelayakan kinerja sekolah. Adapun tujuan dari akreditasi yaitu untuk meningkatkan pelayanan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan dan memperoleh suatu gambaran tentang kinerja sekolah.

Fungsi dari akreditasi yaitu ada tiga hal sebagai berikut:
  1. Pengetahuan, dapat melihat dan mengetahui kelayakan sebuah sekolah yang dilihat dari berbagai unsur terkait.
  2. Akuntabilitas, sekolah harus dapat memberikan pertanggungjawaban terhadap pelayanan terhadap siswa disekolah maupun harapan dan keinginan dari masyarakat.
  3. Kepentingan Pengembangan, sekolah dituntut untuk dapat meningkatkan mutu dan kualitas dan pengembangan berdasarkan hasil dari masukan akreditasi yang diperoleh.
Dalam penilaian akreditasi sekolah ada sembilan cakupan penilaian. Komponen dalam penilaian akreditasi sekolah sebagai berikut:
  1. Kurikulum dan proses mengajar
  2. Administrasi dan manajemen sekolah
  3. Organisasi dan kelembagaan sekolah
  4. Sarana dan prasarana sekolah
  5. Ketenagakerjaan
  6. Pembiayaan
  7. Peserta didik
  8. Peran serta masyarakat, dan
  9. Lingkungan kultur sekolah

Masing masing cakupan penilaian diatas dijabarkan lagi kedalam indikator-indikator yang dibuat item-item tertentu yang sudah tersusun. Pelaksanaan dalam akreditasi dilaksanakan oleh berbagai lembaga seperti Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah, Badan Akreditasi Provinsi Sekolah, dan Unit pelaksana akreditasi Kabupaten.  
CONTOH ETIKET/ LABEL MAP AKREDITASI SD

Subscribe to receive free email updates: