KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA TAHUN 2022 (KELAS VI SD)

 


KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

 

No

Kompetensi Dasar

Kelas

Materi

Level Kognitif

Indikator

No Soal

Bentuk Soal

1

3.9 Mencermati tokoh- tokoh yang terdapat pada  teks fiksi

IV

Tokoh utama dalam cerita fiksi

L1

Pengetahuan  dan pemahaman

Disajikan teks fiksi sederhana yang memuat lebih dari 3 tokoh cerita, peserta didik dapat menentukan tokoh utama dari teks fiksi dengan benar

1

PG

2

3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan

IV

Amanat puisi

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah puisi, peserta didik dapat menentukan amanat dalam pusi tersebut

2

PG

3

3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan

IV

Narasumber dalam wawancara

L1

Pengetahuan  dan pemahaman

Disajikan sebuah dialog wawancara, peserta didik dapat menentukan narasumber dalam dialog dengan tepat

3

PG

 

 

IV

Tema wawancara

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah dialog, peserta didik dapat menentukan tema wawancara yang tepat berdasarkan dialog tersebut

4

PG

4

3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi

IV

Gagasan pokok

L2

Aplikasi

Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menentukan gagasan pokok yang     terdapat  pada teks bacaan

5

PG

5

3.9Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll)

V

Jenis-Jenis surat undangan

L1

Pengetahuan     

dan pemahaman

Disajikan sebuah surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll). peserta didik dapat menentukan jenis surat undangan tersebut dengan benar

6

PG

 

 

V

Bagian-bagian surat undangan

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) Peserta        didik dapat menentukan bagian-bagian surat undangan.      

7

PG

 

 

V

Pemakaian huruf kapital

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll). peserta didik dapat menentukan penggunaan ejaan : pemakaian huruf kapital  dengan tepat.

8

PG

6

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

V

Isi iklan

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah gambar iklan, peserta didik dapat menentukan isi iklan tersebut

9

PG

 

 

V

Empat unsur Iklan

L2

Aplikasi

Disajikan beberapa pernyataan dalam tabel, peserta didik dapat menentukan empat unsur yang ada dalam sebuah iklan

10

PG

 

 

V

Menentukan kalimat iklan

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menentukan kalimat iklan yang tepat untuk gambar tersebut

11

PG

7

3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik

V

Kata kunci

L1

Pengetahuan    

dan pemahaman

Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menemukan kata kunci pada salah satu paragrafnya

12

PG

8

3.2Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

V

Membuat kalimat   tanya

L3

Penalaran

Disajikan sebuah jawaban, peserta didik dapat menganalisis kalimat tanya     yang tepat

13

PG

9

3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca

VI

Informasi yang  ada dalam teks laporan

L1

Pengetahuan     dan pemahaman

Disajikan sebagian teks laporan, peserta didik dapat mengidentifikasikan informasi yang terdapat dalam teks laporan tersebut

14

PG

 

 

VI

Ide Pokok

L3

Penalaran

Disajikan teks laporan, peserta didik dapat menganalisis ide pokok pada salah satu paragrafnya

15

PG

 

 

VI

Kesimpulan

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah paragraf, peserta  didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat

16

PG

10

3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

VI

Pengertian teks eksplanasi

L1

Pengetahuan

dan pemahaman

Disajikan pertanyaan tentang pengertian teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan pengertian yang tepat

17

PG

 

 

VI

Struktur teks eksplanasi

L2

Aplikasi

Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan nomor berapa saja yang merupakan struktur teks eksplanasi yang benar

18

PG

 

 

VI

Melanjutkan isi  teks eksplanasi yang tepat

L3

Penalaran

Disajikan sebuah teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan kelanjutan isi teks yang tepat

19

PG

 

 

VI

Kesimpulan dalam sebuah teks eksplanasi

L3

Penalaran

Disajikan sebuah teks eksplanasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks tersebut

20

PG

11

3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca

VI

Pembicara dan pendengar pidato

L1

Pengetahuan

 dan pemahaman

Disajikan sebuah teks pidato, peserta didik dapat mengetahui siapa pendengar dan pembicaranya

21

PG

 

 

VI

Tempat dan suasana disampaikannya teks pidato

L1

Pengetahuan

dan pemahaman

Disajikan sebuah teks pidato, peserta didik dapat menentukan tempat dan suasana saat disampaikannya pidato

22

PG

 

 

VI

Menggali isi teks pidato yang dibaca

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah teks pidato, peserta didik dapat menentukan isi teks pidato dengan tepat

23

PG

 

 

VI

Unsur-unsur Pidato

L2

Aplikasi

Disajikan beberapa unsur dalam sebuah pidato, peserta didik dapat menentukan pokok pidato.

24

PG

12

3.8 Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi

VI

Menggali Informasi Penting

L2

Aplikasi

Disajikan teks cerita nonfiksi, peserta didik dapat mrnggali informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi dengan tepat.

25

PG

 

 

VI

Jenis teks nonfiksi

L2

Aplikasi

Disajikan paragraf, peserta didik dapat mengemukakan jenis teks nonfiksi dengan tepat.

26

PG

13

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.

VI

Reklame

L1

Pengetahunan  

dan pemahaman

Disajikan sebuah gambar reklame, peserta didik dapat menentukan tema reklame tersebut

27

PG

 

 

VI

Kalimat Iklan

L3

Penalaran

Disajikan gambar iklan mampu membuat kalimat iklan dari media cetak atau elektronik dengan tepat.

28

PG

14

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb)

VI

Data pribadi pada         daftar riwayat hidup

L1

Pengetahuan  

dan pemahaman

Disajikan beberapa data yang berhubungan dengan daftar riwayat hidup (nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, jumlah saudara, dan pendidikan), peserta didik dapat menentukan yang merupakan data pribadi

29

PG

 

 

VI

Jenis formulir

L2

Aplikasi

Disajikan pernyataan tentang salah satu jenis formulir, peserta didik dapat menentukan jenis formulir yang sesuai dengan pernyataan tersebut

30

PG

15

3.10 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi

VI

Tokoh utama

L1

Pengetahuan

 dan pemahaman

Disajikan teks cerita fiksi, peserta didik dapat menentukan tokoh utamanya

31

PG

 

 

VI

Latar

L1

Pengetahuan dan pemahaman

Disajikan cerita fiksi, peserta didik dapat menentukan latar cerita tersebut

32

PG

 

 

VI

Amanat cerita

L2

Aplikasi

Disajikan cerita fiksi, peserta didik dapat menentukan pesan/amanat cerita tersebut

33

PG

 

 

VI

Pengertian alur

L1

Pengetahuan  

dan pemahaman

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasikan bahwa pernyataan tersebut adalah pengertian alur

34

PG

16

3.9 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi

VI

Keteladanan tokoh cerita

L2

Aplikasi

Disajikan teks cerita fiksi, peserta didik dapat menerangkan keteladanan tokoh cerita dengan tepat.

35

PG

17

3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

V

Isi Pantun

L2

Aplikasi

Disajikan pantun, peserta didik dapat menentukan isi pantun dengan tepat.

36

Uraian

18

3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik

V

Kesimpulan teks  eksplanasi

L3

Penalaran

Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat

37

Uraian

19

3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca

VI

Ciri-ciri kesimpulan yang baik

L2

Aplikasi

Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri kesimpulan yang baik

38

Uraian

20

3.8 Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi

VI

Pikiran pokok

L2

Aplikasi

Disajikan teks cerita nonfiksi, peserta didik dapat menentukan pikiran pokok yang berhubungan dengan cerita tersebut dengan tepat.

39

Uraian

21

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb)

VI

Petunjuk pengisian formulir

L2

Aplikasi

Disajikan sebuah tabel yang berisikan petunjuk pengisian formulir, peserta didik dapat menentukan pada nomor berapakah terdapat petunjuk pengisian  formulir yang benar

40

Uraian

 

Subscribe to receive free email updates: