KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA TAHUN 2022 (KELAS VI SD)
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator |
No Soal |
Bentuk Soal |
1 |
3.9
Mencermati tokoh- tokoh yang
terdapat pada teks fiksi |
IV |
Tokoh utama dalam
cerita fiksi |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan teks fiksi sederhana yang memuat lebih
dari 3 tokoh
cerita, peserta didik dapat
menentukan tokoh utama dari teks fiksi
dengan benar |
1 |
PG |
2 |
3.6
Menggali isi dan amanat puisi
yang disajikan secara lisan dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan |
IV |
Amanat puisi |
L2 Aplikasi |
Disajikan
sebuah puisi, peserta didik dapat
menentukan amanat dalam pusi tersebut |
2 |
PG |
3 |
3.3
Menggali informasi dari seorang
tokoh melalui wawancara menggunakan daftar
pertanyaan |
IV |
Narasumber dalam
wawancara |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan sebuah
dialog wawancara, peserta didik dapat menentukan narasumber dalam dialog
dengan tepat |
3 |
PG |
|
|
IV |
Tema wawancara |
L2 Aplikasi |
Disajikan
sebuah dialog, peserta didik dapat menentukan tema wawancara yang tepat berdasarkan dialog tersebut |
4 |
PG |
4 |
3.7
Menggali pengetahuan baru yang
terdapat pada teks nonfiksi |
IV |
Gagasan pokok |
L2 Aplikasi |
Disajikan teks bacaan, peserta
didik dapat
menentukan gagasan pokok
yang terdapat pada teks bacaan |
5 |
PG |
5 |
3.9Mencermati
penggunaan kalimat efektif dan
ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) |
V |
Jenis-Jenis
surat undangan |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan sebuah
surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll). peserta didik dapat menentukan jenis surat
undangan tersebut dengan benar |
6 |
PG |
|
|
V |
Bagian-bagian surat
undangan |
L2 Aplikasi |
Disajikan sebuah
surat undangan (ulang tahun,
kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) Peserta didik dapat menentukan bagian-bagian surat undangan. |
7 |
PG |
|
|
V |
Pemakaian huruf kapital |
L2 Aplikasi |
Disajikan sebuah
surat undangan (ulang tahun,
kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll). peserta didik dapat
menentukan penggunaan ejaan : pemakaian huruf kapital dengan
tepat. |
8 |
PG |
6 |
3.4
Menganalisis informasi yang
disampaikan paparan iklan dari
media cetak atau elektronik |
V |
Isi iklan |
L2 Aplikasi |
Disajikan sebuah
gambar iklan, peserta
didik dapat menentukan isi iklan tersebut |
9 |
PG |
|
|
V |
Empat unsur Iklan |
L2 Aplikasi |
Disajikan
beberapa pernyataan dalam tabel,
peserta didik dapat menentukan empat
unsur yang ada dalam sebuah iklan |
10 |
PG |
|
|
V |
Menentukan kalimat iklan |
L2 Aplikasi |
Disajikan sebuah
gambar, peserta didik dapat menentukan kalimat iklan yang
tepat untuk gambar tersebut |
11 |
PG |
7 |
3.3
Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak
atau elektronik |
V |
Kata kunci |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan teks eksplanasi, peserta
didik dapat menemukan kata kunci pada salah satu paragrafnya |
12 |
PG |
8 |
3.2Mengklasifikasi informasi yang didapat dari
buku ke dalam
aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. |
V |
Membuat
kalimat tanya |
L3 Penalaran |
Disajikan sebuah
jawaban, peserta didik
dapat menganalisis kalimat
tanya yang tepat |
13 |
PG |
9 |
3.1
Menyimpulkan informasi berdasarkan
teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca |
VI |
Informasi yang ada
dalam teks laporan |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan sebagian teks laporan, peserta didik dapat mengidentifikasikan informasi yang terdapat dalam
teks laporan tersebut |
14 |
PG |
|
|
VI |
Ide Pokok |
L3 Penalaran |
Disajikan
teks laporan, peserta didik dapat menganalisis ide pokok pada salah satu paragrafnya |
15 |
PG |
|
|
VI |
Kesimpulan |
L2 Aplikasi |
Disajikan sebuah
paragraf, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat |
16 |
PG |
10 |
3.2
Menggali isi teks penjelasan
(eksplanasi) ilmiah yang didengar
dan dibaca |
VI |
Pengertian
teks eksplanasi |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan pertanyaan tentang pengertian teks eksplanasi, peserta
didik dapat menentukan pengertian yang tepat |
17 |
PG |
|
|
VI |
Struktur teks eksplanasi |
L2 Aplikasi |
Disajikan
4 pernyataan, peserta didik dapat
menentukan pernyataan nomor berapa
saja yang merupakan struktur teks eksplanasi yang benar |
18 |
PG |
|
|
VI |
Melanjutkan
isi teks eksplanasi yang
tepat |
L3 Penalaran |
Disajikan sebuah
teks eksplanasi, peserta
didik dapat menentukan kelanjutan isi teks
yang tepat |
19 |
PG |
|
|
VI |
Kesimpulan dalam sebuah teks eksplanasi |
L3 Penalaran |
Disajikan sebuah
teks eksplanasi, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks tersebut |
20 |
PG |
11 |
3.3 Menggali isi teks pidato
yang didengar dan dibaca |
VI |
Pembicara dan pendengar pidato |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan
sebuah teks pidato, peserta didik dapat
mengetahui siapa pendengar dan pembicaranya |
21 |
PG |
|
|
VI |
Tempat dan suasana
disampaikannya teks pidato |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan
sebuah teks pidato, peserta didik dapat
menentukan tempat dan
suasana saat disampaikannya pidato |
22 |
PG |
|
|
VI |
Menggali isi
teks pidato yang dibaca |
L2 Aplikasi |
Disajikan
sebuah teks pidato, peserta didik
dapat menentukan isi teks pidato dengan tepat |
23 |
PG |
|
|
VI |
Unsur-unsur Pidato |
L2 Aplikasi |
Disajikan beberapa unsur dalam sebuah
pidato, peserta didik
dapat menentukan pokok
pidato. |
24 |
PG |
12 |
3.8 Menggali informasi
yang terdapat pada teks nonfiksi |
VI |
Menggali Informasi Penting |
L2 Aplikasi |
Disajikan teks cerita nonfiksi,
peserta didik dapat mrnggali informasi penting yang terdapat pada teks
nonfiksi dengan tepat. |
25 |
PG |
|
|
VI |
Jenis teks nonfiksi |
L2 Aplikasi |
Disajikan paragraf,
peserta didik dapat mengemukakan jenis teks nonfiksi dengan tepat. |
26 |
PG |
13 |
3.4 Menganalisis informasi
yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. |
VI |
Reklame |
L1 Pengetahunan dan pemahaman |
Disajikan sebuah
gambar reklame, peserta didik dapat menentukan tema reklame tersebut |
27 |
PG |
|
|
VI |
Kalimat Iklan |
L3 Penalaran |
Disajikan gambar iklan
mampu membuat kalimat iklan dari media cetak atau elektronik dengan tepat. |
28 |
PG |
14 |
3.6
Mencermati petunjuk dan isi teks
formulir (pendaftaran, kartu
anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat
hidup, dsb) |
VI |
Data pribadi
pada daftar riwayat hidup |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan beberapa data yang berhubungan dengan daftar riwayat
hidup (nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, jumlah saudara, dan pendidikan), peserta
didik dapat menentukan yang merupakan data pribadi |
29 |
PG |
|
|
VI |
Jenis formulir |
L2 Aplikasi |
Disajikan pernyataan tentang salah satu jenis formulir, peserta didik
dapat menentukan jenis
formulir yang sesuai
dengan pernyataan tersebut |
30 |
PG |
15 |
3.10
Mengaitkan peristiwa yang dialami
tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi |
VI |
Tokoh utama |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan teks cerita fiksi,
peserta didik dapat
menentukan tokoh utamanya |
31 |
PG |
|
|
VI |
Latar |
L1 Pengetahuan dan
pemahaman |
Disajikan cerita
fiksi, peserta didik
dapat menentukan latar
cerita tersebut |
32 |
PG |
|
|
VI |
Amanat cerita |
L2 Aplikasi |
Disajikan cerita
fiksi, peserta didik
dapat menentukan pesan/amanat cerita
tersebut |
33 |
PG |
|
|
VI |
Pengertian alur |
L1 Pengetahuan dan pemahaman |
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat
mengidentifikasikan bahwa pernyataan tersebut adalah pengertian alur |
34 |
PG |
16 |
3.9 Menelusuri tuturan dan
tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi |
VI |
Keteladanan tokoh cerita |
L2 Aplikasi |
Disajikan teks cerita fiksi,
peserta didik dapat
menerangkan
keteladanan tokoh cerita dengan tepat. |
35 |
PG |
17 |
3.6 Menggali isi dan
amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk
kesenangan. |
V |
Isi Pantun |
L2 Aplikasi |
Disajikan pantun, peserta
didik dapat menentukan isi pantun dengan tepat. |
36 |
Uraian |
18 |
3.3
Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak
atau elektronik |
V |
Kesimpulan
teks eksplanasi |
L3 Penalaran |
Disajikan teks eksplanasi, peserta
didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat |
37 |
Uraian |
19 |
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca |
VI |
Ciri-ciri kesimpulan yang baik |
L2 Aplikasi |
Peserta didik
dapat menentukan ciri-ciri kesimpulan yang baik |
38 |
Uraian |
20 |
3.8 Menggali informasi
yang terdapat pada teks nonfiksi |
VI |
Pikiran pokok |
L2 Aplikasi |
Disajikan teks cerita nonfiksi, peserta didik dapat menentukan
pikiran pokok yang berhubungan dengan cerita tersebut dengan tepat. |
39 |
Uraian |
21 |
3.6
Mencermati petunjuk dan isi teks
formulir (pendaftaran, kartu
anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat
hidup, dsb) |
VI |
Petunjuk pengisian formulir |
L2 Aplikasi |
Disajikan
sebuah tabel yang berisikan petunjuk pengisian formulir, peserta didik dapat menentukan pada nomor berapakah terdapat petunjuk pengisian formulir yang benar |
40 |
Uraian |