KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 (KELAS VI SD)

 




KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA


NO

KOMPETENSIDASAR

KELAS

MATERI

LEVEL KOGNITIF

INDIKATOR

NOMOR SOAL

BENTUK SOAL

KETERANGAN

1

3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya.

IV

Mengubah Berbagai Bentuk Pecahan

L2

Siswa dapat mengurutkan berbagi bentuk pecahan dari mulai yang terkecil sampai ke yang terbesar atau sebaliknya

1

PG

sedang

2

3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.

IV

Operasi hitung bilangan cacah

L1

Siswa dapat menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka)

2

PG

mudah

3

3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari

IV

KPK dan FPB

L2

Siswa dapat menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan FPB atau KPK

3

PG

sedang

4

3.7  Menjelaskan dan melakukan penghitungan hasil pengukuran panjang dan berat

 

IV

Satuan Panjang

L3

Siswa dapat menyelesaikan soal penalaran yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.

4

PG

sukar

5

3.9  Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga

IV

Keliling dan Luas bangun datar

L1

Disajikan gambar bangun datar, siswa dapat menghitung keliling atau luas bangun datar

5

PG

mudah

6

3.1  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

V

Penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut yang berbeda

L2

Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan baik pecahan biasa maupun pecahan campuran

6

PG

sedang

7

3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)

V

Kecepatan,jarak,dan waktu

L3

Siswa dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan kecepatan,jarak,dan waktu

7

PG

sukar

Debit

L2

Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit

8

PG

sedang

8

3.4  Menjelaskan skala dan perbandingan serta titik koordinat

V

Skala, perbandingan dan titik koordinat

L2

Siswa dapat menyelesaikan soal tentang skala atau perbandingan yang berkaitan dengan tema makhluk hidup

9

PG

sedang

L1

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan titik koordinat dengan benar

10

PG

mudah

9

3.5  Menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga

V

Pangkat tiga dan akar pangkat tiga

L3

Siswa dapat menyimpulkan tentang hal yang berkaitan dengan volume,pangkat tiga, dan akar pangkat tiga

11

PG

sukar

10

3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)

V

Jaring-jaring kubus dan balok

L1

Disajikan gambar jarring-jaring kubus, siswa dapat menentukan jaring -jaring dengan benar

12

PG

mudah

11

 

 

3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif

VI

 

 

 

 

 

 

 

Operasi hitung bilangan bulat

L1

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif) dengan bilangan tiga angka

 

13

PG

mudah

L1

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif) dengan bilangan satu sampai tiga angka

 

14

PG

mudah

L2

Siswa dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat pada kehidupan sehari-hari

15

PG

mudah

12

3.3  Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

VI

Operasi hitung campuran bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal

L3

Siswa dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan berbagai bentuk pecahan.

16

PG

sukar

13

3.4 Menjelaskan titik pusat,  jari-jari, diameter, busur, tali busur,tembereng, dan juring

VI

Unsur-unsur lingkaran

L1

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan nama unsur- unsur lingkaran dari gambar yang dimaksud

17

PG

mudah

14

3.5  Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

 

 

 

 

 

 

 

VI

Keliling dan luas lingkaran

L2

Disajikan gambar, siswa dapat menghitung keliling lingkaran dengan benar

18

PG

sedang

L2

Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas lingkaran

19

PG

Sedang

 

 

15

3.6  Membandingkan prisma,tabung, limas,kerucut, dan bola

VI

Ciri-ciri bangun ruang

 

 

 

 

 

 

 

 

Jaring-jaring bangun ruang

L1

Disajikan ciri- ciri bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri bangun ruang tersebut dengan benar

20

PG

mudah

L2

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang dengan benar

21

PG

sedang

 

 

 

 

Luas permukaan bangun ruang

L2

Disajikan ilustrasi tentang sebuah bangun ruang, siswa dapat menghitung luas permukaan dari bangun ruang tersebut dengan benar

22

PG

sedang

Volume bangun ruang

L2

Disajikan gambar, siswa dapat menghitung volume bangun ruang tersebut dengan benar

23

PG

sedang

15

3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan, dan volumenya

VI

Volume bangun ruang gabungan

L3

Disajikan gambar, siswa dapat menghitung volume gabungan dari bangun ruang tersebut dengan benar

24

PG

sukar

16

3.8 Menjelaskan dan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data

VI

Penyajian data dalam diagram(batang, garis,dan lingkaran)

L2

Disajikan gambar diagram batang, siswa dapat memasukan datanya ke dalam tabel dengan benar

25

PG

sedang

 

 

 

 

L2

Disajikan gambar diagram batang siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan data dalam diagram tersebut

26

PG

sedang

Modus, median, dan mean

L2

Disajikan gambar diagram lingkaran, siswa dapat menentukan modus dengan benar

27

PG

sedang

L2

Disajikan data , siswa dapat menghitung nilai median berdasarkan data tersebut dengan benar

28

PG

sedang

 

 

 

 

L2

Disajikan data dalam tabel, siswa dapat menghitung rata-ratanya dengan benar

29

PG

sedang

L3

Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai rata- rata

30

PG

sukar

17

3.8  Menjelaskan dan melakukan penghitungan hasil pengukuran panjang dan berat

 

IV

Satuan berat

L3

Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konversi satuan berat

31

Uraian

sukar

18

3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)

V

Kecepatan, jarak, dan waktu

L2

Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan, jarak, dan waktu dalam kehidupan sehari-hari

32

Uraian

sedang

19

3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan, dan volumenya

VI

Luas permukaan bangun ruang gabungan

L2

Disajikan gambar, siswa dapat menghitung luas permukaan bangun ruang gabungan tersebut

33

Uraian

sedang

20

3.8 Menjelaskan dan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data

VI

Modus,median,dan mean

L2

Disajikan data dalam diagram lingkaran, siswa dapat menentukan nilai rata-rata atau meannya

34

Uraian

sedang

 

 

 

Penyajian data dalam diagram batang,garis,dan lingkaran

L2

Disajikan data, siswa dapat membuat diagram batang berdasarkan data tersebut

35

Uraian

sedang

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates: