KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 (KELAS VI SD)
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
NO |
KOMPETENSIDASAR |
KELAS |
MATERI |
LEVEL KOGNITIF |
INDIKATOR |
NOMOR SOAL |
BENTUK SOAL |
KETERANGAN |
|
1 |
3.2
Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen)
dan hubungan di antaranya. |
IV |
Mengubah
Berbagai Bentuk Pecahan |
L2 |
Siswa
dapat mengurutkan berbagi bentuk pecahan dari mulai yang terkecil sampai ke
yang terbesar atau sebaliknya |
1 |
PG |
sedang |
|
2 |
3.3
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan
hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal. |
IV |
Operasi hitung
bilangan cacah |
L1 |
Siswa
dapat menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
(minimal tiga angka) |
2 |
PG |
mudah |
|
3 |
3.6
Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar
(FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari
dua bilangan berkaitan dengan kehiduoan sehari-hari |
IV |
KPK dan FPB |
L2 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
FPB atau KPK |
3 |
PG |
sedang |
|
4 |
3.7 Menjelaskan dan
melakukan penghitungan hasil pengukuran panjang dan berat |
IV |
Satuan Panjang |
L3 |
Siswa dapat
menyelesaikan soal penalaran yang berkaitan dengan operasi hitung konversi
satuan panjang yang berbeda. |
4 |
PG |
sukar |
|
5 |
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan
luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga |
IV |
Keliling dan
Luas bangun datar |
L1 |
Disajikan
gambar bangun datar, siswa dapat menghitung keliling atau luas bangun datar |
5 |
PG |
mudah |
|
6 |
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda |
V |
Penjumlahan
dan pengurangan pecahan dengan penyebut yang berbeda |
L2 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan baik pecahan biasa maupun pecahan campuran |
6 |
PG |
sedang |
|
7 |
3.3
Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai
perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu) |
V |
Kecepatan,jarak,dan
waktu |
L3 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan kecepatan,jarak,dan
waktu |
7 |
PG |
sukar |
|
Debit |
L2 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit |
8 |
PG |
sedang |
||||
8 |
3.4 Menjelaskan skala dan perbandingan serta
titik koordinat |
V |
Skala,
perbandingan dan titik koordinat |
L2 |
Siswa dapat
menyelesaikan soal tentang skala atau perbandingan yang berkaitan dengan tema
makhluk hidup |
9 |
PG |
sedang |
|
L1 |
Disajikan
gambar, siswa dapat menentukan titik koordinat dengan benar |
10 |
PG |
mudah |
|||||
9 |
3.5 Menjelaskan dan menentukan volume bangun
ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan
pangkat tiga dengan akar pangkat tiga |
V |
Pangkat tiga
dan akar pangkat tiga |
L3 |
Siswa dapat
menyimpulkan tentang hal yang berkaitan dengan volume,pangkat tiga, dan akar
pangkat tiga |
11 |
PG |
sukar |
|
10 |
3.6
Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan
balok) |
V |
Jaring-jaring
kubus dan balok |
L1 |
Disajikan
gambar jarring-jaring kubus, siswa dapat menentukan jaring -jaring dengan
benar |
12 |
PG |
mudah |
|
11 |
3.2
Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif |
VI |
Operasi hitung
bilangan bulat |
L1 |
Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat (positif dan negatif) dengan bilangan tiga angka |
13 |
PG |
mudah |
|
L1 |
Siswa
dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat
(positif dan negatif) dengan bilangan satu sampai tiga angka |
14 |
PG |
mudah |
|||||
L2 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat pada
kehidupan sehari-hari |
15 |
PG |
mudah |
|||||
12 |
3.3 Menjelaskan dan melakukan
operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau
desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi |
VI |
Operasi hitung
campuran bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal |
L3 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan berbagai bentuk pecahan. |
16 |
PG |
sukar |
|
13 |
3.4
Menjelaskan titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur,tembereng, dan juring |
VI |
Unsur-unsur
lingkaran |
L1 |
Disajikan
gambar, siswa dapat menentukan nama unsur- unsur lingkaran dari gambar yang
dimaksud |
17 |
PG |
mudah |
|
14 |
3.5 Menjelaskan taksiran keliling
dan luas lingkaran |
VI |
Keliling dan
luas lingkaran |
L2 |
Disajikan
gambar, siswa dapat menghitung keliling lingkaran dengan benar |
18 |
PG |
sedang |
|
L2 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas lingkaran |
19 |
PG |
Sedang |
|||||
15 |
3.6
Membandingkan prisma,tabung, limas,kerucut, dan bola |
VI |
Ciri-ciri bangun
ruang Jaring-jaring
bangun ruang |
L1 |
Disajikan
ciri- ciri bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri bangun ruang
tersebut dengan benar |
20 |
PG |
mudah |
|
L2 |
Disajikan
gambar, siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang dengan benar |
21 |
PG |
sedang |
|||||
Luas permukaan
bangun ruang |
L2 |
Disajikan
ilustrasi tentang sebuah bangun ruang, siswa dapat menghitung luas permukaan
dari bangun ruang tersebut dengan benar |
22 |
PG |
sedang |
||||
Volume bangun
ruang |
L2 |
Disajikan
gambar, siswa dapat menghitung volume bangun ruang tersebut dengan benar |
23 |
PG |
sedang |
||||
15 |
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan
gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan, dan volumenya |
VI |
Volume bangun
ruang gabungan |
L3 |
Disajikan
gambar, siswa dapat menghitung volume gabungan dari bangun ruang tersebut
dengan benar |
24 |
PG |
sukar |
|
16 |
3.8 Menjelaskan dan modus, median, dan mean dari
data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data |
VI |
Penyajian data
dalam diagram(batang, garis,dan lingkaran) |
L2 |
Disajikan
gambar diagram batang, siswa dapat memasukan datanya ke dalam tabel dengan
benar |
25 |
PG |
sedang |
|
|
|
|
|
L2 |
Disajikan
gambar diagram batang siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan
data dalam diagram tersebut |
26 |
PG |
sedang |
|
Modus, median,
dan mean |
L2 |
Disajikan
gambar diagram lingkaran, siswa dapat menentukan modus dengan benar |
27 |
PG |
sedang |
||||
L2 |
Disajikan data
, siswa dapat menghitung nilai median berdasarkan data tersebut dengan benar |
28 |
PG |
sedang |
|||||
|
|
|
|
L2 |
Disajikan data
dalam tabel, siswa dapat menghitung rata-ratanya dengan benar |
29 |
PG |
sedang |
|
L3 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai rata- rata |
30 |
PG |
sukar |
|||||
17 |
3.8 Menjelaskan dan
melakukan penghitungan hasil pengukuran panjang dan berat |
IV |
Satuan berat |
L3 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konversi satuan berat |
31 |
Uraian |
sukar |
|
18 |
3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang
berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai
perbandingan volume dan waktu) |
V |
Kecepatan,
jarak, dan waktu |
L2 |
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kecepatan, jarak, dan waktu dalam
kehidupan sehari-hari |
32 |
Uraian |
sedang |
|
19 |
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan
gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan, dan volumenya |
VI |
Luas permukaan
bangun ruang gabungan |
L2 |
Disajikan
gambar, siswa dapat menghitung luas permukaan bangun ruang gabungan tersebut |
33 |
Uraian |
sedang |
|
20 |
3.8 Menjelaskan dan modus, median, dan mean dari
data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data |
VI |
Modus,median,dan
mean |
L2 |
Disajikan data
dalam diagram lingkaran, siswa dapat menentukan nilai rata-rata atau meannya |
34 |
Uraian |
sedang |
|
|
|
|
Penyajian data
dalam diagram batang,garis,dan lingkaran |
L2 |
Disajikan data,
siswa dapat membuat diagram batang berdasarkan data tersebut |
35 |
Uraian |
sedang |
|