KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH (SD) KELAS VI - IPA TAHUN PELAJARAN2021/2022



KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM

NO KOMPETENSI DASAR KELAS MATERI LEVEL KOGNITIF INDIKATOR SOAL NOMOR SOAL BENTUK SOAL

1 3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 4 Siklus hidup mahluk hidup L2 Disajikan skema daur hidup hewan tertentu, peserta didik dapat menentukan nama hewan lain yang memiliki daur hidup yang sama dengan skema tersebut dengan tepat. 1 Pilihan Ganda

2 3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. 4 Sifat-sifat bunyi L2 Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar terkait dengan cepat rambat bunyi dengan tepat 2 Pilihan Ganda

3 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan 4 Sifat-sifat cahaya L2 Disajikan gambar percobaan tentang cahaya, peserta didik mampu menganalisis sifat cahaya pada percobaan tersebut dengan tepat. 3 Pilihan Ganda

4 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. 4 Upaya pelestarian sumber daya alam L1 Disajikan gambar sumber alam, peserta didik mampu menyebutkan minimal 3 upaya pelestarian sumber daya alam tersebut dengan benar 36 Uraian 

5 3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. 5 Alat gerak manusia dan hewan L2 Disajikan gambar salah satu sendi pada manusia, peserta didik mampu menjelaskan  jenis sendi dan arah geraknya sesuai gambar tersebut  dengan benar 4 Pilihan Ganda

6 3.2 Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. 5 Organ pernafasan  dan fungsinya L2 Disajikan gambar organ pernafasan, peserta didik dapat menetukan fungsi salah satu organ pernfasan dengan benar 5 Pilihan Ganda

7 3.3 Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia. 5 Organ pencernaan dan fungsinya L3 Disajikan gambar organ pencernaan makanan pada manusia, peserta didik mampu menganalisis fungsi salah satu organ pencernaan makanan pada manusia yang ditentukan dengan tepat 6 Pilihan Ganda

8 3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia. 5 Organ peredaran darah dan fungsinya L2 Disajikan gambar sistem peredaran darah manusia, peserta didik mampu menentukan urutan peredaran darah manusia (besar/kecil) dengan benar. 7 Pilihan Ganda

9 3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. 5 Ekosistem dan jaring-jaring makanan L2 Disajikan ilustrasi tentang nama-nama makhluk hidup di dalam sebuah ekosistem, peserta didik mampu menyusun rantai makanan pada ekosistem tersebut dengan tepat 8 Pilihan Ganda

10 3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari. 5 Perpindahan kalor L2 Disajikan gambar peristiwa perpindahan kalor, peserta didik mampu menganalisis nama perpindahan kalor dan cara perpindahannya dengan tepat. 9 Pilihan Ganda

11 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari. 5 Perubahan suhu dan wujud benda L1 Disajikan ilustrasi tentang kegiatan perubahan wujud benda, peserta didik mampu menganalisis perubahan wujud yang terjadi dengan benar 10 Pilihan Ganda

12 3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup. 5 Siklus air dan dampaknya L2 Disajikan gambar skema daur air, peserta didik mampu menyebutkan tahapan daur air (evaporasi, transpirasi, sublimasi, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi)  dengan benar 37 Uraian 

13 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. 6 Perkembang biakan tumbuhan L1 Disajikan gambar tumbuhan tertentu, peserta didik mampu menentukan dua nama tumbuhan lain yang cara perkembangbiakannya sama dengan tumbuhan tersebut dengan benar. 11 Pilihan Ganda

6 Hewan yang berkembang biak secara ovovivipar L2 Disajikan gambar beberapa hewan, peserta didik mampu menunjukkan hewan yang berkembang biak secara ovovivipar dengan tepat 12 Pilihan Ganda

6 Cara mencangkok L1 Disajikan pernyataan cara mencangkok secara acak, peserta didik mampu mengurutkan cara mencangkok dengan benar 13 Pilihan Ganda

14 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi. 6 Hormon yang mempengaruhi pubertas L2 Peserta didik mampu menyebutkan hormon yang mempengaruhi pubertas pada laki-laki atau perempuan dengan benar 14 Pilihan Ganda

6 Ciri pubertas yang dialami oleh remaja laki-laki atau perempuan L1 Disajikan pernyataan tentang ciri-ciri masa pubertas, peserta didik mampu menentukan ciri pubertas yang dialami oleh remaja laki-laki atau perempuan dengan benar 15 Pilihan Ganda

6 Cara menjaga kesehatan organ reproduksi L2 Peserta didik mampu menyebutkan cara menjaga kesehatan organ reproduksi dengan benar 16 Pilihan Ganda

15 3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. 6 Penyesuaian hewan terhadap lingkungannya L1 Disajikan gambar hewan, peserta didik mampu menentukan bentuk penyesuaian hewan tersebut terhadap lingkungannya dengan benar 17 Pilihan Ganda

6 Penyesuaian tumbuhan terhadap lingkungannya L1 Disajikan tabel tentang nama tumbuhan dan cara penyesuaian dirinya secara acak, peserta didik mampu memilih pasangan yang tepat antara nama tumbuhan dan cara penyesuaian dirinya dengan benar 18 Pilihan Ganda

6 Tujuan hewan menyesuaikan diri terhadap lingkungan L2 Disajikan gambar salah satu hewan, peserta didik dapat menentukan tujuan dari penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan tepat 19 Pilihan Ganda

16 3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana. 6 Komponen listrik dan fungsinya L3 Disajikan gambar salah satu komponen listrik, peserta didik mampu menentukan fungsi komponen listrik tersebut dengan benar 20 Pilihan Ganda

6 Rangkaian listrik campuran L2 Disajikan gambar rangkaian listrik campuran, peserta didik mampu menentukan keadaan saklar dan lampu sesuai perlakuan yang diharapkan dengan tepat 21 Pilihan Ganda

6 Rangkaian listrik paralel L1 Disajikan beberapa pernyatan tntang rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan ciri rangkaian listrik paralel dengan tepat 22 Pilihan Ganda

6 Rangkaian listrik seri L1 Disajikan gambar rangkaian listrik seri, peserta didik dapat menyebutkan kelebihan dan kekurangan rangkaian listrik seri dengan benar 38 Uraian 

17 3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari. 6 Bentuk magnet L2 Peserta didik mampu menunjukkan gambar bentuk magnet (batang/silinder/jarum/ladam/U) yang ditentukan dengan benar 23 Pilihan Ganda

6 Sifat magnet L1 Disajikan gambar percobaan tentang magnet, peserta didik mampu menentukan sifat magnet yang dibuktikan pada percobaan tersebut dengan tepat 24 Pilihan Ganda

6 Cara membuat magnet L1 Disajikan beberapa gambar proses pembuatan magnet, peserta didik dapat menentukan cara pembuatan magnet dengan tepat 25 Pilihan Ganda

18 3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik. 6 Perubahan energi listrik L2 Disajikan daftar nama beberapa peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik, peserta didik mampu mengelompokkan peralatan yang perubahan energi listriknya sama/berbeda. 26 Pilihan Ganda

6 Tindakan menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari L1 Peserta didik mampu memberikan contoh tindakan menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. 27 Pilihan Ganda

6 Penyaluran energi listrik L2 Disajikan skema penyaluran energi listrik yang salah satunya kosong, peserta didik dapat melengkapi skema tersebut dengan tepat 28 Pilihan Ganda

6 Sumber energi listrik L2 Disajikan pengertian sumber energi listrik, peserta didik dapat menyebutkan 3 sumber energi listrik yang ada di sekitarnya dengan benar 39 Uraian 

19 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya. 6 Pengertian tata surya L3 Peserta didik mampu menjelaskan pengertian tata surya dengan benar 29 Pilihan Ganda

6 Nama planet berdasarkan urutan dalam tata surya L2 Disajikan gambar urutan planet dalam tata surya, peserta didik mampu menyebutkan nama planet yang ditentukan pada gambar dengan benar 30 Pilihan Ganda

6 Nama planet berdasarkan ciri-cirinya L2 Disajikan pernyataan tentang ciri-ciri salah satu  planet, peserta didik dapat menentukan nama planet tersebut dengan benar. 31 Pilihan Ganda

20 3.8 Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. 6 Penanggalan hijriyah L1 Peserta didik mampu menyebutkan secara urut tiga bulan pertama/terakhir dalam penanggalan hijriyah dengan benar 32 Pilihan Ganda

6 Akibat dari rotasi/revolusi bumi L2 Disajikan daftar pernyataan peristiwa di bumi, peserta didik mampu menentukan peristiwa yang merupakan akibat dari rotasi/revolusi bumi dengan tepat. 33 Pilihan Ganda

6 Gerhana bulan/matahari L2 Disajikan gambar skema gerhana bulan/matahari, peserta didik mampu menentukan nama gerhana tersebut dengan tepat 34 Pilihan Ganda

6 Fase bulan L3 Disajikan skema fase bulan, peserta didik dapat menentukan fase bulan tertentu dengan benar 35 Pilihan Ganda

6 Perbedaan musim di bumi L2 Disajikan pernyataan tentang perbedaan musim di daerah khatulistiwa dengan belahan bumi utara dan selatan, peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa terjadi perbedaan musim di kedua daerah tersebut dengan benar 40 Uraian 


Subscribe to receive free email updates: